Antibiotik Alami Yang Dapat Dimanfaatkan untuk Pengobatan

Antibiotik Alami Yang Dapat Dimanfaatkan untuk Pengobatan

Antibiotik tidak selalu berbentuk dalam tablet atau kapsul. Sebenarnya ada banyak contoh antibiotik alami di sekitar kita. Antibiotik merupakan jenis obat-obatan yang digunakan untuk mengobati dan mencegah infeksi bakteri secara efektif. Biasanya, antibiotik dikonsumsi untuk mengobati infeksi lambung, infeksi telinga dan beberapa masalah kesehatan lainnya. Penggunaan antibiotik harus berada di pengawasan dokter. Karena pemberian dosis yang salah bisa berakibat buruk bagi orang yang mengonsumsi antibiotik. Selain obat antibiotik dalam bentuk tablet atau kapsul, ada juga antibiotik alami yang berasal dari tanaman obat seperti bawang, jahe, dan kunyit. Antibiotik alami tidak mampu melawan infeksi jamur dan infeksi yang disebabkan oleh virus, seperti pilek, flu, batuk, dll. Tetapi antibiotik dapat bermanfaat untuk meredakan sakit perut atau infeksi bakteri lainnya. Di bawah ini akan disebutkan beberapa contoh antibiotik alami yang ada di sekitar kita.

Jenis-jenis Antibiotik Alami    

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa biji jeruk merupakan salah satu contoh antibiotik alami. Ekstrak biji jeruk ternyata dapat mengobati infeksi kulit. Yang perlu anda lakukan adalah mencampur 10 sampai 15 tetes ekstrak biji jeruk dalam setengah gelas air dan minum 2 atau 3 kali sehari. Selain biji jeruk, mimba juga merupakan contoh antibiotik alami yang ada di alam. Tidak seperti antibiotik kimia, mimba sangat mujarab untuk melawan infeksi bakteri tanpa menyebabkan resistensi bakteri meski dikonsumsi secara terus menerus. Konsumsilah mimba untuk membantu menghilangkan akumulasi racun dan organisme parasit yang merugikan tubuh.

Selain itu, masih ada banyak lagi contoh antibiotik alami di sekitar kita. Misalnya saja minyak zaitun. Sepertinya minyak yang satu ini sudah banyak digunakan oleh orang-orang karena manfaatnya yang banyak. Minyak zaitun merupakan antibiotik alami yang dapat mengobati berbagai jenis infeksi bakteri. Untuk mengekstrak minyak dari daunnya, siapkan segenggam daun zaitun lalu cincang halus. Tempatkan pada wadah lalu tutup rapat-rapat selama 4 sampai 5 minggu. Setelah cairan keluar, saring dari ampasnya. Minyak zaitun siap digunakan. Anda bisa juga membeli minyak zaitun yang sudah tersedia di toko.

Oregano juga bisa digunakan sebagai antibiotik alami. Zat carvacrol yang hadir dalam minyak oregano berguna untuk mengurangi infeksi pada telinga. Jika anda mengalami sakit telinga, cobalah untuk memanfaatkan oregano sebagai obatnya. Selain oregano ada juga bawang putih. Bawang putih dapat digunakan untuk mengobati infeksi perut. Makan 2 sampai 3 siung bawang putih mentah pada perut kosong secara rutin tiap hari. Jika tidak bisa, cukup tambahkan pada masakan Anda. Contoh antibiotik alami yang terakhir adalah madu yang bisa dikonsumsi langsung atau dicampur dengan air sebagai minuman untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sumber : www.everydayhealth.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *